Thursday, November 6, 2008

medan dwonk...

Gue abis ujian MEDAN ELEKTROMAGNETIK. Electromagnetic Fields and Waves. It's pure science. It's totally physics. Dan menurut gue itu mata kuliah dasar banget. Fundamental. Dari SMA kita juga udah ngerasain lah. Cuma yang sekarang porsinya buat anak kuliah... Lepel olimpiade gitu deh.. *hahah.. iyaya?? And i just did it. I had an electromagnetic field exam today. It's like a once in a lifetime opportunity. Ga semua orang bisa ngerasain ujian medan di ITB. *halah lebay~ Dan tadi gue baru ngalamin what so called ujian medan...
Sukseskah?
Yahh... Unfortunately no honey... I screwed it. Sighs... I didn't answer all of the questions.
Emang susah ya?
Sayangnya tidak. Soalnya sebenernya gampang. Sumpah gue tau rumus hukum coloumb (yang sialnya gampang banget tapi gue ga kepikiran sama sekali) buat jawab soal nomer 1. Gue juga udah gape make hukum Ampere buat jawab soal nomer 3. Gue juga udah pernah baca penjelasan di iskander tentang gimana sampe si Maxwell ngelengkapin hukum Ampere buat jawab soal nomer 5, dan gue yakin banget dosen gue yang AGUNG itu pernah ngejelasin pake divergence (apa curl ya?) & integral or something~
Trus kenapa?
Jiper baca soal nomer 1. Keterangannya banyak banget. Abis gue gambar sketsanya.. "Oke! gue bisa nih.. Coba gue pake hukum gauss tentang medan listrik." Sret.. sret.. (nyoret2 & mikir bentar).. "Hmm... koq ga bisa yah????? Kenapa gue jadi bingung make hukum gauss begini???? Kan gue tinggal nyari muatan yang dilingkupi oleh "permukaan" ini. Trus gue tinggal integralin buat dapet medannya.. Ngg...??? Tapi ini "volume"nya berupa titik... T__T gimana dong??" ... Sumpah gue buntu banget ngerjain nomer 1a!! Akhirnya jawaban gue berhenti sebatas sketsa soal yang tak seberapa itu~
Thank God ada nomer 2.. Polarisasi gelombang. Untung banget gue ngerjain soal beginian tadi malem. Jadi bisa.. -_-
Nomer 3... Hmm... "Arus listrik terdistribusi dalam koordinat silinder dengan sumbu Z sebagai sumbu sbb:
I = 3A az r= 0cm,
K = 5 A/cm az r=2cm*@_@ apa ini??? apaan yang satuannya Ampere/panjang?? Help!!
J= 1 A/cm2 az 4
a. Gambarkan garis-garis medan magnet!
b&c. H(r) & gambar grafiknya!"
Kalo mo ngitung fluks magnet yang dihasilkan dari kawat biasanya pake hukum Ampere. Oke gue coba kerjain. Tapi apaan nih "K"???? Emang ada ya?? *cemas* Yasudahlah.. gue ngarang dong. Ngitung arusnya pake K x r... Sungguh desperado T_T
No 4. Tentang polarisasi gelombang lagi. Yuk mari kerjain..
Ntah kenapa gue tiba2 lupa rumus buat ngitung kecepatan fasa. Anjring.... "apaan ya? kayaknya omega/beta deh.. Yah, percaya ama feeling gue aja deh."
Hitung medan magnetik! Siipppp!
Gambar sketsa gelombang... Hmm.. Begini dong.. Sret.. sret *jadilah gelombang 3 dimensi elliptical yang entah kenapa untuk alesan yang norak gue bangga banget ngegambarnya..
No 5. Tunjukkan bahwa persamaan Ampere tidak memenuhi hukum kekekalan muatan.....
sapiii.... gue pernah baca nih, c dosen juga kayak pernah nyindir2 ginian di kelas. Ntar deh gue balik lagi
No 6. Polarisasi gelombang lagi..
Aduh ntar aja deh gue kerjain yang lain dulu,
No 7. Oooh sapii... poinnya ada 4!!! 7a,b,c,d... :(
a. Hukum Maxwell bentuk integral dan diferensial, dan arti fisisnya. Cil~ soal standar.. Yuk jawab ;P
....
Ternyata PANJANG bo!!! ada lebih dari 1 halaman dong jawaban gue!!
pegel :(
b. Apa yang dimaksud dengan medan?? Contoh medan?
VIVA BACOT!!!!
c. Ada berapa macam bacot? eh salah, ada berapa macam medan berdasarkan bentuk dan sumbernya??
another not-that-smart "bacot" i did... Ngarang total!
d. Gravitasi n tornado. Apa itu medan? Oh iya dong! Yuk bacot lagi bikin alesan n rumus matematisnya..
No8. Yah, something tentang kombinasi hukum maxwell bentuk diferensial buat medan magnetik, hukum ampere, curl, blabla... HAJAR!!!
yang nomer c gue ga ngerti sama sekali maksud nih soal apaan.. Kalimatnya ga terlalu jelas menurut gue. Ambigu. Kurang detail. yasudahlahya.. lewatin aja dulu.
Jadi gue belom jawab nomer 1a&b, nomer 5 & nomer 6, 3 masih rada ngasal, 4 masih belom inget rumus kecepatan fasa.. shittitaloo...
Panik. Masa ga ada yang gue yakin nih jawabannya? 8 nomer? T__T
Ngeliat kiri-kanan. Oh, orang2 tampangnya udah autis semua, ga cuma gue doang. hihihi...
Yah udahlah, akhirnya gue bolak balik ngejawab soal yang masih bolong-bolong, sebisa mungkin gue ngasih smart guess gue, yang mudah2an bener... :p
Waktunya kurang. Soalnya kebanyakan. Analisisnya perlu waktu lama. Caranya terlalu ribet. 120 menit buat 8 soal menurut gue sangat kurang guys. Itu artinya satu soal 15 menit doang! Belum lagi waktu buat nulis nama&NIM, ngerobek kertas, ngapus2in pake tipex, tanda-tangan absen *yea right, corat-coret.. waaa.. Padahal biasanya gue ngerjain soal tuh rata2 20-30 menit! Baca soal+ngerti maksud soal+analisis soal aja gue bisa nyampe 10 menit sendiri! Berarti gue cuma bisa ngerjain integral & turunan2 yang rumit itu dalam waktu 5 menit doang?? :(
Mo komplain n nyesel ga guna pit.. udah selesai...

2 comments:

Anonymous said...

iya dwonk...
udah selese... =='

haduu~h... ini keknya uts paling aneh yang pernah gua ikuti. coba bayangkan klo kita belajar 1 hari sebelumnya di kamar sendirian gak ada orang, pit~ oh, gua gak bakal bertemu roy dan laennya buat tuh polarisasi... :3 Hwawawawa...

Peter said...

iya gi.. thx to roy.