Monday, May 18, 2009

menggambar receiver BPSK di A3

Just a quick lame post ppl,

Kemaren gue dapet tugas buat UAS dari dosen siskom (Sistem Komunikasi). Dan kali ini tugasnya rada beda. Kalo biasanya kita disuruh simulasiin filter response, ngamatin sinyal di matlab dsb, tugas kali ini adalah menggambar di A3. Yep, seumur-umur kuliah baru pertama kali nih disuruh ngegambar di A3. Terakhir kali gambar di A3 kalo ga salah pas SMA.

Dan apakah objek beruntung yang harus digambar tersebut?

...

Yang harus digambar adalah rangkaian receiver BPSK, komplit (that includes: the antenna, RF amplifier & filter, costas loop demodulator, symbol timing recovery, & frame synchronization scheme).

Hwaa, gue paling ga bisa gambar (with pencil & paper) guys. Disuruhnya di A3 pula.. Mampus kau pete >_<

Baiklah, namanya tugas, jadi harus dikerjakan. Dan akhirnya gue membeli kertas A3 (yang kata anak2 arsi ga ada apa2nya kalo A3 mah~~), tapi menurut gue udah lumayan gede: ga bisa dimasukin map, soalnya map gue ukuran A4, jadi ngebawanya harus di gulung.

Dan gue pun mulai bekerja membuat corat-coret urutan block diagram rangkaian & komponennya. Garis sana-sini, nulis sana-sini. Hwe hwe dan setelah beberapa menit (yups, cuma itungan menit ;D), selesailah tugas gue. Ternyata ga begitu susah~ cuma gambar rangkaian yang dibikin gede aja koq. Paling susahnya ngukur2, mensejajarkan, dan ngelurusin garis2nya. Gue paling ga bisa nih. Duh, kalo ada anak arsi ato SR pasti ga nyampe 1 menit langsung jadi.

Nih jadinya, eng ing eng!!

receiver BPSK

...

Err, koq setelah diliat ternyata biasa2 aja yah? -_- so dull. ha.ha.ha.

Haha yasudahlah, yang penting selesai. Eh tapi sebenernya gue masih rada ragu sama gambar gue ini. Bener ga ya? Kata anak2 tadi siang sih udah bener. Gue cari2 di internet ga ada referensi sama sekali tuh tentang receiver BPSK. Yang gue bingung adalah abis dari demodulator masa perlu ke STR? Bukannya kalo abis dari costas loop tuh sinyal udah jadi urutan bit ya? Seharusnya datanya udah langsung bisa di ekstrak pake frame synchronization kan? Kenapa make STR ya? Toh menurut gue fungsi STR cuma buat menentukan kapan dilakukan sampling yg paling optimal, harusnya abis dari decision circuit dari demodulator udah bisa langsung ke blok terakhir (FSW)? @_@

...

bingung kan lo? gue juga.

ha.ha.ha. ngomong apa c pete?

1 comment:

anantoep said...

Wew,, sepertinya gw juga pernah membuat hal yang sama ...